Selasa, 17 Juli 2018

Kampung Halaman

Peresmian Taman ASEAN

Kabupaten Jombang, yang merupakan tanah kelahiran saya merupakan kota yang mendapatkan predikat "The Most Harmonious City in ASEAN". Sebagai wujud dan penanda akan predikat tersebut, maka diresmikanlah taman ASEAN yang berada di kawasan simpang tiga "Ringin Contong". Ringin Contong sendiri merupakan salah satu icon kota Jombang.



Kabupaten yang terdiri atas 21 kecamatan ini juga dijuluki sebagai "Kota Santri". Dijuluki seperti itu karena Jombang memiliki banyak pesantren dan pemuka agama yang cukup berpengaruh di Indonesia. Di antara pondok pesantren yang terkenal adalah Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, Pesantren Attahdzib (PA) dan Darul Ulum (Rejoso)



Kota yang berslogan "Jombang Beriman" ini banyak melahirkan tokoh - tokoh dan ulama' besar Indonesia. Salah satu tokoh yang paling berpengaruh besar bagi bangsa Indonesia yaitu presiden Republik Indonesia ke - 4 yaitu KH Abdurrahman Wahid yang dijuluki sebagai "Bapak Pluralisme". Selain itu, pahlawan nasional KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim, tokoh intelektual Islam Nurcholis Madjid, serta budayawan Emha Ainun Najib juga dilahirkan di kota santri ini.


Menurut legenda yang tersebar, nama kota Jombang berasal dari bahasa Jawa "Ijo (Hijau)" dan "Abang (merah)" dengan filosofi hijau mewakili kaum santri (agamis), dan merah mewakili nasionalis. Kedua kelompok tersebut hidup berdampingan, dan harmonis di Kabupaten Jombang. Bahkan kedua elemen ini digambarkan sebagai warna dasar lambang daerah Kabupaten Jombang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perkembangan IT

Seiring berkembangnya zaman, sudah tak terasa kita telah hidup di zaman yang penuh dengan kecanggihan dan semuanya serba praktis. Sem...